Minggu, 24 Desember 2017

KARANG PAMITRAN " GIAT DEWASA PADA JAMBORE CABANG TUBAN 2017"

Sebagai upaya meningkatkan kemampuan para pembina pendamping serta pinkonran Jambore Cabang Tuban 2017, bidang giat orang dewasa menyelenggarakan kegiatan Karang Pamitran Bertempat di SDN Jenu.  Seluruh pembina antusias menambah wawasan Kepramukaan yang diberikan oleh tim pelatih Pusdiklatcab “atas angin”  Kwarcab Tuban.

 Materi dasar sebagai fundamental pembinaan pendidikan kepramukaan diberikan secara maksimal oleh tim pelatih. Dua materi utama disampaiakan pada kegiatan orang dewasa di hari pertama ini (direncanakan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 23 Desember 2017 sampai dengan tanggal 25 Desember 2017) yaitu materi Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan yang disampaikan oleh Kak Rinda Tuti selaku Kapusdiklatcab “atas angin” serta Kak Gatut M yang kesehariannya sebagai Sekretaris 2 Kwarcab Tuban 
Untuk materi PDK MK  disampaikan oleh Kak kasmulik dan Kak Siswo Suwarko yang juga merupakan bagian dari tim pelatih di Pusdiklatcab “atas angin” Tuban.

Kedua materi sengaja disampaikan di awal kegiatan guna membekali para pembina secara dini terkait dasar pembinaan kegiatan kepramukaan di Gugusdepan.  Selain itu dipilihnya materi ini  dimaksudkan agar selepas dari Jambore Cabang  para Pembina mampu menerapkannya di Gugusdepan masing – masing sehingga pemahaman yang berbeda terkait dengan EWPK dan PDKMK dapat diminimalisir.


Kegiatan yang diikuti oleh 73 Pembina putra dan 76 pembina putri dari seluruh pangkalan SMP/MTs di Kwarcab Tuban yang ikut dalam Jambore Cabang Tuban 2017 berlangsung mulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 11.30 WIB.



Ketua Pusdiklatcab "atas angin" Kwarcab Tuban, Kak Rinda Tuti  ketika dihubungi secara terpisah menyampaikan bahwa tujuan diadakannya Karang Pamitran adalah untuk memberikan ruang serta menyamakan persepsi para pembina di Gugusdepan terkait dengan materi – materi Kepramukaan.


Lebih lanjut pengawas SD di UPTD Pendidikan Tuban ini sengaja memasukkan kegiatan Orang Dewasa pada acara Jambore Cabang Tuban agar ada kegiatan yang berimbang antara peserta didik dengan para pembina. Sehingga selepas kegiatan Jambore Cabang Tuban 2017 para pembina juga memperoleh materi baru terkait dengan pelaksanaan kegiatan kepramukaan di Gugusdepan.

Selamat berkegiatan, Ikhlas Bakti Bina Bangsa, Ber Budi Bawa Laksana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar