Senin, 12 Juni 2017

KWARRAN SOKO BERKONTRIBUSI (SATU AKSI MENGENANG BAKTI PENDIRI)

Geliat kegiatan keagamaan di bulan Suci Ramadhan memasuki hari ke 16 ini terasa begitu menghangat. Hampir di semua lini berlomba-lomba untuk bisa mengisi bulan penuh berkah ini dengan kegiatn-kegiatan yang positif yang bisa dijadikan momentum pembelajaran guna peningkatan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Tuban Bumi wali sebagai ruh kegiatan bagi warga  Tuban benar - benar menjadi dasar kegiatan setiap warga yang ada di Bumi Wali ini. Tak terkecuali di Gerakan Pramuka sebagai salah satu kawah candradimuka generasi muda yang didalamnya selalu mengedepankan rasa cinta dan taqwa kepada Allah SWT.
Nun jauh di sana, di ujung selatan kota, pagi ini Ahad, 11 Juni 2017 sekitar pukull 07.35 WIB sayup - sayup terdengar alunan ayat suci  Al Qur'an  dari sebuah tempat sederhana di jalan raya utara pasar soko ketika sebagian warga  masih asyik menikmati ahad pagi terlihat aktifitas berbeda di Sanggar Pramuka Kwartir Ranting Soko. Ya.. pagi ini mulai dilaksanakan kegiatan Tahtimul Qur'an yang dilaksanakan oleh segenap Keluarga Besar Kwarran Soko sebagai rangkaian kegiatan Tahtimul Qur'an dan Buka bersama Kwarran Soko tahun 2017.


Kegiatan Tahtimul Qur'an dilaksankana kurang lebih sekitar 9 jam dibaca secara bergiliran oleh Dewan Kerja Ranting Soko dimana tepat pukul 16.00 Kegiatn Tahtimul qur'an bisa selesai sesuai yang dijadwalkan.
Kegiatan dilanjutkan dengan  agenda utama buka bersama dimulai tepat pukul 16.30 WIB. Hadir pada kegiatan ini adalah  unsur majelis pembimbing beserta dengan anggota Mabi, Pengurus Kwarran Soko beserta anggota, Pamong Saka di wilayah Kwarran Soko beserta anggota, DKR dan ex dKR Soko dengan jumlah 60 peserta. 

Acara buka bersama ini diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al Qur'an dan dilanjutkan dilanjutkan dengan sambutan Ka Kwarran Soko yang disampaikan langsung oleh Kak Sudardi, MPd. Sebagai orang nomor satu di Gerakan Pramuka wilayah selatan kota ini, Kak Dardi (akrab dipanggil) mengatakan bahwa acara Tahtimul Qur'an merupakan hal yang positif perlu dilestarikan oleh setiap anggota pramuka, sehingga kesan Pramuka yang hanya bermain akan terkurangi dengan kegiatan - kegiatan seperti ini.

Lebih Lanjut di sampaikan bahwa Pramuka memiliki peran yang sangat banyak diantaranya : Pramuka berfungsi sebagai salah satu pengawal NKRI, Pramuka dilihat rela menolong dan tabah, Pramuka masih bertahan sampai saat ini dikarenakan Pramuka selalu hadir langsung di tengah- tengah masyarakat seperti  pada bencana alam, Pramuka itu bersih dan peduli, bahkan pemimpin yang sukses rata- rata adalah lulusan pramuka, selain itu pramuka juga menjadi benteng pergaulan bebas yang tengah mewabah di generasi muda.

Sebagai akhir dari sambutan yang disampaikan, Ka Kwarran Soko menyampaikan alasan mengapa Pramuka harus dilestarikan diantaranya bisa dilihat dari 2 hal utama berikut :
1. Kreatifitas : pramuka mampu bersaing untuk menjadi contoh kreatif dalam segala hal mengapa demikian dikarenakan jangan sampai bangsa kita menjadi bangsa yg instan, ita sebagai generasi pramuka dilatih untuk naik tangga untuk menuju sukses
2. Kerohanian : pramuka bukan hanya urusan dunia ketika ibadah di perkuat di harapkan pramuka menjadi garda terdepan untuk menciptakan generasi unggul.

Setelah sambutan dari Ka Kwarran Soko, ada hal yang berbeda yang dilaksanakan pada acara buka bersama di Kwarran Soko ini yaitu kegiatan tahlil bersama yang tujukan pada pendahulu pramuka dan pengurus kwarran yg sudah tiada seperti Almarhum Kak Pal Arifin, Kak Zainal Abidin dan Kak Beny Asmoro . Sebuah apresiasi yang luar biasa sebagai bentuk kepedulian anggota Pramuka Soko dalam mengenang bakti para pendiri Kepramukaan di Kwarran Soko.
Selesainya kegiatan Tahli bersama ini acara dilanjutkan dengan buka bersama dan Sholat Magrib berjamaah.

Dihubungi secara terpisah terkait dengan kegiatan yang telah di laksanakan  Kak Didik Darmadi selaku penggagas kegiatan ini berharap bahwa kegiatan ini akan terus bisa dilaksanakan sebagai sebuah tradisi yang baik bagi anggota Pramuka khususnya di Kwarrtir Ranting Soko. karena menurut salah satu Andalan Binamuda di Kwarcab Tuban ini selain untuk mengisi bulan suci Ramadhan, kegiatan semacam ini merupakan wahana yang efektif untuk berkomunikasi serta berkoordinasi dengan anggota Pramuka di Wilayah Kwarran Soko.

Tentunya kegiatan ini merupakan wujud dan bukti bagaimana kegiatan denyut Kepramukaan di Bumi Wali tetap hidup dan lestari. Selamat atas kegiatannya kakak - kaka di Kwartir Ranting Soko semoga kegiatn ini bisa terus dikembangkan di kemudian hari.
KWARRAN SOKO BERKONTRIBUSI ( SATU AKSI MENGENANG BAKTI PENDIRI )
SALAM PRAMUKA, SATYAKU KUDARMAKAN DARMAKU KUBAKTIKAN
BUMI WALI BERTUNAS KELAPA (By Kak Bex - Kontributor Kak Didik Darmadi)













Tidak ada komentar:

Posting Komentar