Senin, 12 Juni 2017

BINTANG TAHUNAN, Wujud Apresiasi kepada Anggota Pramuka di Gugus Depan Tuban 18107-18108 Pangkalan SMP Negeri 1 Plumpang

TRI SATYA

Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh
1. Menjalankan Kewajibanku terhadap Tuhan dan negara kesatuan Republik Indonesia dan menjalankan Pancasila
2. menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat
3. menepati Dasa darma

Begitu lantang adik - adik Pramuka Penggalang di Gugus Depan Tuban 18107-18108 yang sedang mengucapkan janji Trisatya pada saat proses pelantikan Penggalang Rakit. Bertempat di lapangan upacara, sebanyak 59 adik-adik yang telah lulus Ujian SKU Penggalang rakit pada hari ahad, 11 Juni 2017 ini dilantik oleh Pembina Gugus Depan Tuban 18107-18108.

Sebagai Gugus Depan yang rutin mengadakan ujian SKU, momentum pelantikan Penggalang Rakit kali ini terasa begitu spesial dikarenakan dilaksanakan pada Bulan Suci Ramadhan serta digabungkan dengan kegiatan Penganugrahan Bintang Tahunan serta Buka Bersama.

Pelantikan ini dipimpin langsung oleh Kak Irpan, S.Pd selaku Pembina Gugus Depan Tuban 1017-18108 Pangkalan SMP Negeri 1 Plumpang. Dari 320 adik -adik yang telah mengikuti ujian SKU Rakit telah dinyatakan lulus sebanyak 59 peserta dengan distribusi adik - adik kelas VIII sebanyak 30 peserta dan adik - adik kelas VII sebanyak 29 peserta.

Selain pelantikan Penggalang Rakit, pada saat bersamaan juga di anugrahkan penghargaan Bintang Tahunan 1, 2 dan bintang tahunan 3 sebagai bentuk apresiasi terhadap kesetiaan dan keaktifan adik -adik dalam mengikuti kegiatan kepramukaan di Gugus Depan Tuban 18107-18108.




Dari 648 anggoat aktif di Gudep Tuban 18107-18108 telah dianugrahakn bintang tahunan kepada adik-adik terpilih dengan distribusi sebagai berikut :
1. Bintang Tahunan 1 diberikan kepada 29 adik - adik penggalang Ramu yang telah setia dan berkontribusi di kegiatan Kepramukaan selama 1 tahun
2. Bintang Tahunan 2 diberikan kepada 30 adik - adik Penggalang Rakit yang telah setia dan berkontribusi di kegiatan Kepramukaan selama 2 tahun
3. Bintang tahuann 3 diberikan kepada 26 adik - adik Purna Dewan Galang yang telah setia dan berkontribusi di kegiatan Kepramukaan selama 3 tahun

Kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini merupakan langkah awal di dalam mengembangkan metode dan konsep kegiatan Kepramukaan di gugus Depan. Melalui kegiatan ini diharapkan akan memotivasi adik adik yang lain untuk setia dan selalu aktif mengikuti kegiatan kepramukaan yang diselengarakan sehingga nantinya ada peningkatan bagi penerima Bintang Tahunan di masa yang akan datang.

Dalam sambutan singkatnya, Kak Irpan selaku pembina upacara menyampaikan beberapa hal pokok diantaranya adalah :
1. Melalui pelantikan penggalang tingkat rakit diharapkan semakin meningkatkan motivasi adik -adik sehingga bisa melanjutklan ke penggalang tingkat terap
2. Dengan pelantikan ini memungkinkan kepada adik - adik untuk mengolah dan mengembangkan bakat yang dimiliki melalui ujiansKK
3. Dengan Pelantikan ini diharapkan adik-adik ammpu menjaga marwah SMP Negeri 1 Plumpang sebagai penjaga Tradisi Juara LT III di Kabupaten Tuban

Sementara itu  terkait dengan penganugrahan Bintang Tahunan, Pria yang sehari - hari juga menjabat sebagai Wakil kepala Sekolah 2 ini menyampaikan bahwa bintang tahunan adalah salah satu wujud apresiasi yang diberikan oleh Gerakan Pramuka kepada anggotanya. Demikian halnya di Gugus Depan kita ini, sebagai wujud penghargaan atas kesetiaan dan kontibusi yang diberikan dalam kegiatan maka Gugus Depan menganugrahkan bintang tahunan sesuai dengan tingkat yang diperoleh.

Hadir dalam kegiatan ini kak Vera Khairun Nissa, M.Pd selaku Pembina Gudep 18108, Kak Subekti Wahono, S.Pd, kak Abdul Azis, kak Syaiful Anam, kak Erna Suciati, M.Pd, Kak Ninik Suwatim, S.Pd, Kak Devi Novitasari, S.Pd serta Kak Ana Tria Maulidha yang sehari hari adalah sebagai tim pembina kegiatan kepramukaan di Gugus Depan yang berpangkalan di SMP Negeri 1 Plumpang ini.

Selain dua kegiatan tersebut, seakan tidak ingin kehilangan momentum Bulan Ramadhan, setelah kegiatan pelantikan dilanjutkan dengan Pengajian dan Buka Bersama. Tepat pukul 16.40 pengajian singkat dimulai dengan pembicara  kak Drs. H. Sun'an Hadi P, M.Pd selaku pembina senior di Gugus Depan Tuban 18107-18108.  Kak Sun'an (akrab dipanggil) menyampaiakn bahwa Pramuka harus berpegang teguh pada Tri Satya dan Dasa Darma agar bisa menjadi manusia- manusia yang handal dan berkualitas.

Setelah selesai kegiatan pengajian acara dilanjutkan dengan kegiatan buka bersama yang diawali dengan sholat magrib berjamaah. Seluruh agenda kegiatan di tangani langsung oleh adik - adik Dewan Galang SMP Negeri 1 Plumpang dan dapat terlaksanan dengan lancar dan sukses.

Di bagian lain Kak Bex selaku penggagas acara ini memberikan pesan bahwa untuk kedepan penganugrahan bintang tahuanan 1 dan 2 akan dilaksankanan pada saat pelantikan penggalang ramu bagi anggota baru serta bintang tahunan 3 diberikan pada saat purna siswa sehingga agenda ini diharapkan bisa terus berkelanjutan demi kejayaan kegiatan kepramukaan di kabupaten Tuban.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar