Rabu, 14 Juni 2017

BERBAGI ITU KEREN ( Berbagi Takjil, Amal Bakti Ramadhan Gugus Depan SDN Rengel 1 )

Tebar kebaikan di bulan Ramadan bisa diekspresikan lewat beragam kegiatan terutama dalm bentuk program-program amal. Hal ini juga yang dilakukan anggota Pramuka Gugus Depan 17001 - 17002 ( Siaga Mula, Bantu, Tata dan Penggalang Ramu ) Pangkalan SD Negeri Rengel 1 Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban yang terkemas dalam bentuk Berbagi Takjil, Amal Bakti Ramadhan.
Lebih dari 400 Kotak yang berisi Teh Botol, Buah, Kurma dan Roti disediakan oleh adik - adik  secara kolektif. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa 13 Juni 2017 oleh 75 anggota Pramuka di salah satu Gugus Depan aktif ini mengambil tempat di sepanjang jalan antara Gua Ngerong sampai dengan jalan di depan Kantor Kecamatan Rengel dengan sasaran warga masyarakat yang melintas di lokasi ini. Dengan dibantu kakak - kakak Pembina Gudep, kegiatan ini mulai dilaksakanan tepat pukul 16.30 WIB. Tangan - tangan mungil adik - adik dengan cekatan menghentikan kendaraan untuk membagikan takjil kepada warga masyarakat.


Seakan tidak mau menyia-nyiakan kesempatan, pada saat yang bersamaan juga dilakukan kegiatan Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas yang merupakan wujud kerjasama antara Gugus Depan 17001 – 17002 Pangkalan SD Negeri Rengel 1 dengan Kepolisian Sektor Rengel. Sambil membentangkan spanduk bertuliskan ajakan tertib berlalu lintas, pembagian takjil ini mampu memberikan dampak ganda terhadap para pengguna jalan yang melintas. Sebuah edukasi yang sangat baik tidak hanya bagi adik - adik anggota Pramuka tetapi juga bagi masyarakat Rengel dan Sekitarnya.
Tidak lebih dari 1 (satu) jam, takjil yang ada telah habis terbagi. Tentu tidak semua warga masyarakat mendapatkan pembagian takjil ini, tetapi sedikit berbagi yang dilaksanakan oleh adik-adik Pramuka seakan menunjukkan kepada kita semua bahwa di negeri ini masih ada semangat untuk peduli kepada sesama. 
Menurut Kak Anto, salah satu Pembina Pramuka Gudep ini, tujuan utama kegiatan ini adalah untuk pembelajaran bagi anggota Pramuka dan membekali  mereka untuk hidup berbagi“.  
Sementara itu dihubungi secara terpisah oleh bumi wali bertunas kelapa blogspot.co.id, Kak Kasmani salah satu tokoh Pramuka di Rengel mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif untuk menjadi pembelajaran bagi kita semua, lebih lebih untuk adik - adik anggota pramuka dimana mereka bisa menumbuhkan rasa empati serta kepedulian sosial yang tinggi sehingga nantnya diharapkan mampu menjadi generasi muda yang peduli dan mau berbagi. 
Lebih lanjut, salah satu andalan binamuda Kwarcab Tuban ini berharap agar kegiatan berbagi takjil mampu menginspirasi Gugus Depan lain tidak hanya di wilayah Rengel saja tetapi di seluruh nusantara untuk berkegiatan secara inovatif sehingga kesan pramuka hanya bermain dan bernyanyi bisa terkikis dengan kegiatan - kegiatan yang positif seperti ini.
Semoga kegiatan seperti ini akan terus dilakukan oleh anggota Pramuka dan bisa menginspirasi para donatur serta yang berkecukupan lebih untuk bisa turut berbagi di bulan yang suci ini. 
Berbagi itu Keren, Pramuka Bisa, Pramuka Jaya, Pramuka Luar Biasa.

Bumi Wali Bertunas Kelapa (Kak Bex - Kontributor Kak Tri Panjianto)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar