Sabtu, 17 Juni 2017

KEPAK SAYAP AMBALAN GATUTKOCO - SEMBRODO SMA NEGERI 1 SOKO (Pelantikan Penegak Bantara Gudep 16133 - 16134)

" Adik - adik, tepat pukul 09.15 WIB perkenankan saya Kepala SMA Negeri 1 Soko selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Tuban 16133 - 16134 melantik kalian menjadi Penegak Bantara di Ambalan Gatutkaca dan Ambalan Sembrodo SMA Negeri 1 Soko" 

Kata - kata pelantikan dari kamabigus yang bertindak sebagai pembina upacara langsung disambut dengan perasaan haru, gembira dan bangga oleh peserta upacara pelantikan Penegak Bantara GUgus Depan Tuban 16133-16134 pagi ini. Sebanyak 245 peserta yang terdiri dari 117 peserta putra dan 128 peserta putri tampak khidmat mengikuti jalannya upacara.

Upacara yang dilaksanakan di Lapangan SMA Negeri 1 Soko ini merupakan puncak dari latihan rutin kegiatan kepramukaan di SMA yang berada di ujung selatan Kota Tuban ini. Kegiatan pelantikan ini ditandai dengan penyematan Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara secara simbolis oleh pembina upacara kepada perwakilan peserta yang dilantik.

Dari hasil ujian SKU tahap 1 dan tahap 2,  telah lulus untuk tingkat Penegak Bantara sebanyak 245 peserta dan langsung dilantik oleh Kamabigus pada hari Jum'at, 15 Juni 2017.

Dalam sambutan yang disampaikan, Kak EDI SASMITO, M.Pd berharap dengan materi yang telah didapatkan melalui ujian SKU ini akan dapat meningkatkan disiplin yang pada akhirnya bisa menjadi manusia Pancasila serta bisa taat pada satya dan darma. Lebih lanjut Kak Edi (akrab dipanggil) mengharapkan adik - adik yang telah dilantik bisa melanjutkan ke jenjang tingkat yang lebih tinggi sehingga bisa menjadi anak muda yang tangguh dan mandiri.

Pelantikan Penegak Bantara yang sudah dilaksankan selama 7 tahun silam ini merupakan bukti bahwa Gugus Depan yang dibina langsung oleh Kak Didik Darmadi dan Kak Hapy Kuntum ini memang mengedepankan potensi peserta didik melalui kegiatan - kegiatan terprogram yang bersinergi dnegan prohram dari pangkaan yaitu SMA Negeri 1Soko.

Program - program tersebut adalah :
1. Masa Orientasi Pramuka (penerimaan tamu ambalan)
2. Mustegak
3. Diklat Dewan Ambalan
4. Pelantikan Dewan Ambalan
5. Latihan Rutin setiap hari Jum'at
6. Ujian SKU tahap 1
7. Kemah Bakti
8. Ujian SKU tahap 2
9. Pelatikan tingkatan
10. Latgab
11. Dianpinsat

Dari program yang ada tersebut, tidak menjadi hal sulit ketika peserta didik harus menjalani Ujian SKU Penegak Bantara dan lulus 100% seperti yang sudah dilantik. Kerelaan adik - adik mengikuti kegiatan kepramukaan juga ketangkasan dalam menjawab pertanyaan seputar SKU Penegak Bantara menjadi nilai tambah  sehingga mengantar mereka menuju pelantikan yang dilaksanakna pada dengan khidmat.

Menjawab pertanyaan Bumi Wali Bertunas Kelapa tentang program ini, Kak Didik Darmadi mengatakan bahwa Pelantikan Penegak Bantara merupakan langkah awal yang harus ditempuh oleh adik - adik Penegak di Gugus Depan ini. Hal ini sejalan dengan Program Kwartir Nasional yaitu Gerakan Kembali Ke Gudep. Sehingga dengan Pengelolaan Gudep yang baik maka diharapkan nantinya juga akan menjadikan lembaga (kwartir) terkait bisa lebih baik juga.

Lebih lanjut menurut Owner Sixteen Outbond ini,  dengan pelantikan Penegak Bantara ini bisa meningkatkan motivasi peserta didik untuk lebih giat berkegiatan khususnya di bidang kepramukaan.
Tak lupa Kak Didik menyampaikan terima kasih kepada pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatn diantaranya :
1. Kamabigus 16133-16134
2. Seluruh pembina Ambalan Gatutkaca
3. Seluruh pembina Ambalan Sembrodo
4. Adik adik Dewan Ambalan
dan seluruh peserta  yang telah mengikuti acara upacara pelantikan sehingga kegiatan bisa berjalan dengan lancar.

Dihubungi secara terpisah Waka Binamuda Kwarcab Tuban, Kak Drs. Nur Khamid, M.Pd mengapresiasi  yang setinggi tingginya dan tak lupamenyampaikan rasa terima kasih telah melaksanakan kegiatan pramuka yang tentunya di SMA atau golongan.penegak jarang bisa terlaksana. Hal ini tentunya bisa menjadi pelecut semangat bagi Gugus Depan yang lain untuk berlomba-lomba melaksanakan kegiatan - kegiatan bagi peserta didik. yang pada akhirnya bisa memberikan kontribusi yang positif bagi Kwarcab Tuban.

Akhirnya kita berharap semoga dengan geliat Kegiatan Kepramukaan yang terus berkembang ini menjadikan kita  semakin optimis akan keberhasilan pendidikan  karakter generasi muda yang ada di bumi wali ini .

SELAMAT KEPADA ADIK - ADIK PENEGAK BANTARA YANG SUDAH DILANTIK, SEMOGA SEMAKIN MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KERELAAN BERKEGIATAN DI PRAMUKA SEHINGGA GUGUS DEPAN TUBAN 16133-16134 SEMAKIN JAYA.
JAYALAH PRAMUKA, JAYALAH INDONESIA.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar