Minggu, 18 Juni 2017

BUMI WALI TERBANG TINGGI DI KOTA TAPE (KPDK 2017 KWARDA JATIM)

Terpilihnya Kak Drs. Sulistyadi, MM sebagai Ketua Kwarcab Tuban benar-benar membawa hoki tersendiri bagi Gerakan Pramuka di Kabupaten Tuban, Setelah mampu membawa Gugus Depan SDN Simo Kwarran Soko masuk ke final Indonisian Scout Challenge (ISC) di Jogjakarta kali ini bendera bumi wali kembali berkibar dalam kegiatan Kursus Pengelola Dewan Kerja (KPDK) se Jawa Timur di Kota tape Bondowoso.

Bertempat di UPT – PK/BLK Bondowoso, Tangsil Kulon, Tenggarang, Kabupaten Bondowoso Kursus Pengelola Dewan Kerja (KPDK) ini secara resmi dibuka oleh Waka Kwarda Bid. Binawasa, Kak Drs. H. Bambang S.W. di Pendopo Bupati Bondowoso pada hari Kamis, 15 Juni 2017. 

Dalam sambutan singkatnya Kak Bambang berharap agar Dewan Kerja dapat membina diri, satuan, dan masyarakat di lingkungan masing-masing. Salah satunya dengan mengembangkan potensi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi

Dengan mengusung tema "Wujudkan Esensi Dewan Kerja sebagai Kader Kepemimpinan di Kwartir", kegiatan yang bertujuan agar Dewan Kerja mampu mengelola organisasi Dewan Kerja sesuai dengan sistem Pengelolaan,mengaktualisasikan keterkaitan Gerakan Pramuka dalam pembangunan bangsa, sebagai sinergisitas PPDK No. 005 tahun 2017, serta sebagai ajang pengkaderan dalam menumbuhkan watak dan karakter Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega (Dewan Kerja) ini diikuti 84 perwakilan Dewan kerja cabang dari 34 Kabupaten/Kota se Jawa Timur.

Kwarcab Tuban sebagai salah satu kwarcab tergiat di Kwarda Jawa Timur tidak ketinggalan berkontribusi dalam even ini. Terpilih sebagai wakil peserta dari Kwarcab Tuban adalah Kak Abdul Hadi dan Kak Rohmat Aris Hutomo.

Selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 15 - 18 Juni 2017 peserta melaksankan kegiatan - kegiatan yang diarahkan pada peningkatan kualitas dan kuantistas Dewan kerja denga materi pokok diantaranya :
1. Administrasi Dewan Kerja
2. PPDK,
3. POLMEKBIN TEGAK DEGA,
4. SCOUT PROJECT,
5. LEADERSHIP & MANAJEMEN,
6. PERFORMANCE DEWAN KERJA,
7. PENGARSIPAN,
8. RENJA DAN PROGJA

Setelah berinteraksi, berkegiatan dan bedinamika, akhirnya kegiatan KPDK ini resmi ditutup oleh Sekda Bondowoso selaku Ka kwarcab Bondowoso. Dalam upacara penutupan ini salah satu peserta dari Kwarcab  Tuban yaitu Kak Rohmat Aris Hutomo mampu meraih predikat sebagai peserta terbaik dalam KPDK 2017 Kwarda jawa Timur.

Hal ini tentu sangat membanggakan ditengah upaya Kwartir Cabang Tuban untuk menata dan menggairahkan kegiatan kepramukaan di Kabupaten Tuban ternyata adik -adik mampu mengibarkan bendera Bumi Wali di Jawa Timur.

Sementara itu Ketua DKC Tuban, Kak Niam yang dalam kesempatan KPDK kali ini bertugas sebagai salah satu fasilitator sangat mengapresiasi hasil yang diraih oleh Kak Aris dan berharap bisa membawa hasil positif bagi Dewan Kerja Cabang Tuban. Selain itu lajang asli Jenu ini berharap nantinya setelah selesai kegiatan ilmu yang didapatkan bisa langsung diaplikasikan  sehingga kinerja di Dewan Kerja bisa semakin meningkat.

Menanggapi hasil yang diperoleh oleh Perwakilan Kwarcab Tuban ini, Kak Drs. Sulistyadi MM berharap agar kegiatan KPDK bisa dilaksakaan secara berkelanjutan. Oleh sebab itu, atas nama Kwarcab Pramuka Tuban sangat bangga dan apresiasi yg tinggi selanjutnya agar ini dipertahankan dan dijadikan motivasi kepada yg lain agar juga dapat berprestasi dibidang lainya .

Lebih lanjut Orang Nomor 1 di Kwarcab Tuban ini mengharapkan kehadiran Pramuka di tengah - tengah masyarakat mampu  memberikan kontribusi positif bagi pembentukan karakter kaum muda dikarenakan hal ini sejalan dengan satya dan darma pramuka. Salah satu sarana yang dilakukan adalah dengan kegiatan KPDK seperti ini.

Dengan berakhirnya kegiatan KPDK tentu kita berharap akan semakin meningkatkan kinerja Dewan Kerja dan lebih khusus kepada Dewan Kerja Cabang untuk benar - benar berkontribusi dalam kegiatan kepramukaan di Kabupaten Tuban.

DARI, OLEH, DAN UNTUK DEWAN KERJA... TUBAN BISA, TUBAN SIAK, TUBAN JAYA
(Kak Bex - Kontributor Kak Ni'am)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar