Sabtu, 10 Juni 2017

BUKA BERSAMA KWARCAB TUBAN (MEDIA PENINGKATAN KETAQWAAN KEPADA ALLAH SWT)

Bertepatan dengan hari ke -14 bulan Ramadhan 1438 H , Kwartir Cabang gerakan Pramuka Tuban melaksanakan kegiatan Buka Bersama Kwartir Cabang gerakan Pramuka Tuban.
Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Sanggar Pramuka Tuban ini merupakan salah satu agenda kegiatan yang dilaksanakan di Bulan Suci Ramadhan sebagai salah satu agenda rutin dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tuban.

Allah Berfirman :
                                                                 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Sebagai media peningkatan ketaqwaan kepada Allah SWT serta mengambil momentum di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, kegiatan buka bersama diselenggarakan pada hari Jum'at, 9 Juni 2017 yang diikuti oleh 90 undangan yang terdiri dari Pengurus LPK, Pengurus Kwarcab Tuban, Dewan Kerja Cabang Tuban serta hadir pula Perwakilan pengurus Kwartir Ranting se Kwarcab Tuban yaitu :
1. Kwarran Tuban
2. Kwarran Palang
3. Kwarran Semanding
4. Kwarran Merakurak
5. Kwarran Jenu
6. Kwarran Kerek
7. Kwarran Tambakboyo
8. Kwarran Bancar
9. Kwarran Kenduruan
10. Kwarran Senori
11. Kwarran Singgahan
12. Kwarran Montong
13. Kwarran Parengan
14. Kwarran Soko
15. Kwarran Rengel
16. Kwarran Plumpang
17. Kwarran Widang

Diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al Quran oleh Kak Kholif dari DKC Tuban para peserta khusuk mendengarkan lantunan indah ayat - ayat Al Qur'an yang dbacakan.
Setelah pembacaan Ayat Suci Al Qur'an kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Ka Kwarcab Tuban yaitu Kak Drs. Sulistyadi, MM. 

Dalam sambutan singkatnya, Ka Kwarcab menyampaikan bahwa salah satu tujuan kegiatan buka bersama ini adalah agar semua pengurus memiliki rasa kekompakan dan kebersamaan dalam berorganisasi sehingga di even apapun Pramuka bisa menunjukkan eksistensinya dalam mengikuti semua kegiatan termasuk salah satunya di bulan ramadhan. 
Lebih lanjut Ka Kwarcab menyampaikan bahwa " Pramuka merupakan wadah yang tepat terutama bagi kaum muda sebagai media pembelajarantentang kepemimpinan, kebersaama, sosial dan hal - hal yang berkaitan dengan rasa cinta tanah air". 

Sebagai bagian tak terpisahkan dari kegiatan Buka bersama, setelah sambutan dari ka Kwarcab kegiatan dilanjutkan dengan siraman rohani yang disampaikan oleh Gus Marom dari Tuban. 

Gus Marom menitikberatkan materi tausiah buka bersama adalah bahwa Allah memerintahkan kita berpuasa dikarenakan dengan berpuasa kita bisa menahan hawa nafsu. Karena sesuai dengan kisah yang ada bahwa nafsu hanya bisa dikendalikan dengan menahan lapar. Oleh karenanya Bulan Ramadhan ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk bisa menahan nafsu kita sehingga kita benar-benar bisa menjadi hamba yang Mutaqqin.

Selain itu Gus Marom juga memberikan tauladan tentang kisah Nabi Ibrohim AS kepada kita semua diantaranya adalah :
1. Nabi Ibrohim AS, lebih mementingkan perintah Allah daripada dirinya sendiri
2. Nabi Ibrohim As, tidak memiliki rasa takut terhadap sesuatu yang ditakdirkan oleh Allah SWT
3.Nabi Ibrohim AS, tidak pernah makan siang dan makan malam kecuali dengan minimal 100 orang

Karena keterbatasan waktu yang ada, kegiatan buka bersama ditutup dengan do'a yang dipimpin oleh Gus Marom yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Sholat Magrib berjamaah dan berbuka bersama.

Secara terpisah Ka Kwarcab kepada Bumi Wali Bertunas Kelapa Blogspot.co.id. menyampaikan bahwa " Momen Puasa Ramadhan adalah penting untuk meningkatkan Taqwa kepada Allah SWT, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan bertemu dengan anggota agar pembelajaran kebersamaan dalam Pramuka selalu diutamakan sehingga pembentukan karakter SATYAKU KUDARMAKAN DARMAKU KUBAKTIKAN selalu ada dan terbentuk dalam semangat kebersamaan

Selamat berpuasa, semoga Allah merindhoi puasa kita.. amien








Tidak ada komentar:

Posting Komentar