Jumat, 01 September 2017

RESUFLE DEWAN KERJA RANTING SOKO MASA BAKTI 2017 - 2022

Keberadaan Dewan Kerja Ranting sebagai kepanjangan tangan dari Kwartir Ranting memegang peranan yang sangat penting dalam proses kegiatan kepramukaan di wilayah ranting masing - masing.  Sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kaderisasi kepemimpinan ditingkat Kwartir ranting yang beranggotakan Pramuka Penegak dan  Pandega, Dewan kertja Ranting merupakan salah satu sarana untuk menambah pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dalam pengelolaan organisasi, pengembangan bakat kepemimpinan dalam rangka upaya pengembangan pribadi dan pengabdiannya kepada Gerakan Pramuka, masyarakat, bangsa dan negara.

Demikian halnya dengan keberadaan Dewan Kerja Ranting Soko, guna melanjutkan efektifitas kegiatan kepramukaan di Kwartir Ranting yang berada di ujung selatan kota ini, akan dilakukan penyegaran terutama pada posisi - posisi yang sedang kosong. Kekosongan personil ini dikarenakan adalanya anggota yang melanjutkan pendidikan di luar kota, ada yang menempuh pendidikan militer serta sedang mendapatkan tugas yang sekiranya nanti mengganggu keefektifan dalam berkegiatan.

Bertempat di Sanggar Pramuka Kwartir Ranting Soko, jalan Timur Pasar Soko Nomor 3  Soko, 75 Pramuak Penegak dan Pandega dari 13 pangkalan SMA/SMK/MA se Kecamatan Soko mengikuti seleksi yang direncanakan berlangsung awal bulan September ini. Dari 75 peserta tersebut nantinya akan disaring untuk mengisi pos-pos keanggitan DKR yang sedang kosong dengan mengikuti tahapan - tahapan seleksi sebagai berikut :
1. Tes tulis tentang keorganisasian dan Kepramukaan
2. Tes wawancara terkait integritas, kepribadian, visi dan misi dalam berogranisasi
3. Kegiatan Outbond yang berisi tentang kerjasama tim, berogranisasi dan pengambilan keputusan
4. Serta rekam jejak pengabdian di Kwartir Ranting Soko

Kegiatan yang digagas oleh Kwartir Ranting Soko melalui Dewan Kerja ranting Soko pada tanggal 30 Agustus 2017 mulai pukul 08.00 WIB dan dibuka langsung oleh Ka Kwarran Soko yang baru yaitu Kak Yoyok Antoyo, S.Pd.M.Pd. hadir pula dalam upacara pembukaan ini para Pengurus Kwartir Ranting , Dewan Kerja Rating serta utusan dari Gugus Depan se Kwartir Ranting Soko

Dalam sambutannya Kak Yoyok (panggilan akrab) mengatakan bahwa Dewan Kerja adalah tempat yang paling bagus didalam mengembangkan bakat dan kemampuan dalam berorganisasi. Diharapkan dengan berorganisasi ini mampu menyembangkan tingkat kecerdasan dan kecakapan yang dimiliki sehingga generasi muda yang akan datang bisa lebih baik lagi.

Lebih lanjut Pengawas TK-SD UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Soko ini menambahkan bahwa ketika kita berada dalam organisasi dan kegiatan kepramukaan janganlah kita mencari materi (benda) tetapi jika ingin belajar tentang hidup dan kehidupan maka di Pramukalah tempatnya.

Sementara dihubungi secara terpisah oleh Warta Kwarcab Tuban, salah satu Andalan Binamuda Kwarcab Tuban yang kebetulan berasal dari Soko kak Didik Darmadi, S.Pd berharap  semoga Resufle Dewan Kerja Ranting ini nantinya akan menjadikan anggota DKR bisa aktif dalam menjalankan tupoksi yang dimiliki serta bisa memanfaatkan ruang yang telah diberikan oleh Kwartir yang tidak lain untuk wadah pengembangan dan kaderasisasi di Kwartir Ranting.

Dengan ciri khas kompak dan total, serta berslogan " Kompak dan Semangat" Dewan Kerja Ranting Soko diharapkan mampu menjaga marwah Kwartir Ranting Soko sebagai garda terdepan kegiatan kepramukaan di wilayah selatan kota. (kakbex)












Tidak ada komentar:

Posting Komentar