Sabtu, 23 September 2017

ORIENTASI MAJELIS PEMBIMBING GERAKAN PRAMUKA KWARTIR CABANG TUBAN 2017

Salah satu elemen penting dalam keberhasilan Pendidikan Kepramukaan adalah keberadaan Majelis Pembimbing baik di Kwartir Ranting maupun di Gugusdepan. Guna memberikan pemahaman terkait dengan tugas pokok dan fungsi Majelis Pembimbing, Kwartir Cabang Gerakan Tuban menyelenggarakan Orientasi Mabi yang dilaksanakan di Aula Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban.

Sesuai yang dilaporkan oleh Ketua Panitia Kak Drs. Suparman, M.Pd, kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 September 2017  diikuti oleh 44 peserta dari 19 Kwartir Ranting se Kabupaten Tuban (Kwartir Ranting Jenu tidak mengirimkan peserta) dan dibuka langsung oleh Ka Kwarcab Tuban Kak Drs. Sulistiyadi, MM selaku Ka Kwarcab Tuban.

Dalam amanatnya Ka Kwarcab mengatakan bahwa Gerakan Pramuka merupakan kawah candra dimuka tempat mendidik, membina dan mempersiapkan tunas bangsa sebagai pemimpin dimasa depan. Guna mewujudkan kader bangsa yang handal diperlukan pola pembinaan yang tertata dan sesuai dengan pola pembinaan yang telah di tetapkan. Salah satu unsur dalam pola pembinaan ini adalah keterlibatan majelis Pembimbing. 

" Majelis pembimbing memiliki peranan yang sangat strategis guna mewujudkan pola pembinaan kegiatan kepramukaan baik di Kwartir ranting maupun di Gugusdepan " kata Kak Didiet 

Lebih lanjut Kak didiet (panggilan di Pramuka) mengatakan bahwa salah satu cara agar para Mabi bisa menjalankan tupoksinya dengan baik  adalah dengan melaksanakan kegiatan Orientasi Majelis Pembimbing ini. Sebelum mengakhiri sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga  Kabupaten Tuban ini menekankan bahwa peranan Mabi sangatlah penting sebagai salah satu penopang keberhasilan kegiatan - kegiatan yang ada di wilayahnya masing-masing. Kwarcab Tuban sebagai penanggung jawab pembinaan kegiatan Kepramukaan di Kabupaten Tuban berharap banyak kepada jajaran Mabi agar transfer kegiatan yang ada di Kwarcab Tuban bisa terlaksana dengan baik.

Kegiatan yang dilaksanakan selama sehari ini diikuti oleh Kamabiran serta Kamabigus SMP - SMA di jajaran Kwarcab Tuban dengan materi utama Kebijakan Kwartir Cabang Tuban terkait dengan Majelis Pembimbing yang disampaikan langsung oleh Ka Kwarcab Tuban Kak Drs. Sulistiyadi, MM, materi peran serta Majelis Pembimbing yang disampaikan oleh Waka Binawasa Kak Drs. Kusno serta materi Pola Pembinaan Kepramukaan yang disampaikan oleh Kapusdiklatcab "atas angin"  Kak Dra. Rindatuti, MM.

Sementara itu dihubungi secara terpisah, Waka Binawasa Kwarcab Tuban Kak Drs Kusno mengatakan bahwa setelah selesainya kegiatan Orientasi Mabi ini diharapkan ada sinergi yang baik antara Majelis Pembimbing dengan jajaran Kwartir Ranting maupun dengan Pembina di Gugusdepan sehingga kegiatan Kepramukaan akan lebih maju dan semakin berkualitas. Masih menurut Sekretaris PMI Cabang Tuban ini bahwa kegiatan orientasi Mabi ini akan menjadi agenda tahunan dari Kwarcab Tuban melalui Andalan Binawasa Kwartir Cabang Tuban.

Orientasi Majelis Pembimbing ini akhirnya ditutup oleh Ka Kwarcab Tuban yang diwakili oleh Waka Binawasa disertai harapan agar selesainya kegiatan Orientasi Mabi ini para peserta segera bisa melaksanakan Tugas Pokok dan Fusngsi dari Majelis Pembimbing di wilayah masing masing.

IKHLAS BAKTI BINA BANGSA, BERBUDI BAWA LAKSANA
BUMI WALI BERTUNAS KELAPA

(K'Bex, Admin humas DKC - Staf Kwarcab Tuban)





























Tidak ada komentar:

Posting Komentar