Selasa, 15 Agustus 2017

SD NEGERI 1 RENGEL,GUDEP UNGGUL KWARCAB TUBAN 2017



Setelah melalui proses pemeriksaan administrasi dan visitasi yang begitu panjang terkait aspek-aspek penilaian Gugusdepan unggul,  akhirnya Gugusdepan 17007-17002 SDN Rengel 1 berhasil menjadi yang terbaik dalam lomba lomba yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tuban ini.

Lomba Gugusdepan unggul merupakan kegiatan penilaian terhadap segala sesuatu yang dilakukan di Gugusdepan baik dari segi administrasi maupun kegiatan yang dilakukan. Aspek yang dinilai diantaranya adalah : Sumber daya manusia, manjemen dan administrasi, Dana, sarana dan prasarana, Kegiatan, Proses, Prestasi dan Kemitraan, 

Pada penilaian tahun ini Gugusdepam yang berada tepat di samping tempat wisata Gua Ngerong ini berhasil menyisihkan 5 Gugusdepan lainnya yaitu :
1. Gugusdepan SDN Latsari Tuban
2. Gugusdepan SD Bina Anak Sholeh Tuban
3. Gugusdepan SDN Dugihan 1 Jatirogo
4. Gugusdepan SDN Laju Lor
5. Gugusdepan MI Al Hidayah Lajukidul

Bukan jalan yang mudah jika Gugusdepan ini berhasil menyisihkan 5 Gugusdepan yang lain. Pada visitasi yang dilakukan pada tanggal 21 - 22 Juli 2017 oleh tim vpenilai dari Kwarcab Tuban ini, Gugusdepan SDN Rengel 1 memang unggul dibeberapa aspek penilaian walaupun ada kekurangsempurnaan.

Sebagai penentu dan penilai Gugusdepan unggul tahun 2017 , Kwarcab Tuban menugaskan tim penilai yang terdiri dari : 
1. Kak Dra. Rindatuti, M.Pd
2. Kak Gatut Murtyanto Effendi, S.Pd 
3. Kak Ninik Mujiati, S.Pd
4. Kak Kasmani
5. Kak Fauzun
6. Kak Lilik Dyah Wulandari, S.Pd. M.Pd
6. Kak Subekti Wahono, S.Pd
7. Kak Didik Darmadi, S.Pd
8. Kak Fatkhul Ni'am
9. Kak Nila Nirmala
Dari hasil penilaian administrasi dan visitasi yang telah dilakukan, tim penilai sepakat bahwa Gugusdepan SDN Rengel 1 unggul dibandingkan dengan gugus depan yang lain dengan hasil sebagai berikut :
Juara 1 : SDN Rengel 1 Kec. Rengel
Juara 2 : SDN Latsari Kec. Tuban
Juara 3 : SD BAS Kec. Tuban

Menanggapi hasil penilaian Gugusdepan unggul, Waka binamuda sekaligus ketua panitia penilaian Gugusdepan Unggul  Kak Drs. Nur Khamid, MPd memberikan apresiasi yang tinggi  kepada tim yang telah bekerja dengan baik sesuai dengan juknis yang ada. Selanjutnya Mantan Kepala Sekolah di 3 (tiga) tingkatan yang berbeda ini mengatakan bahwa penilaian Gugusdepan unggul merupakan sarana mengevaluasi kegiatan bagi Gugusdepan serta berharap jika ada kendala  diperbaiki bersama agar pelaksanaan yang akan datang bisa lebih baik lagi.

Sementara itu Sekretaris Kwarcab Tuban, Kak Drs. Agus Wijaya, MAP menyampaiakan penghargaan dan apresiasi yang luar biasa kepada tim penilai,  kepada para peserta lomba atas terselenggaranya kegiatan penilain Gugusdepan unggul. Lebih lanjut Kak Agus (akrab dipanggil) mengatakan bahwa tahapan yang telah dilalui melalui peniaian administrasi dan visitasi memang suatu bentuk yang harus dilakukan, kalaupun ada data yang tidak sesuai memang suatu dinamika di lapangan. Oleh karenanya menurut orang nomor satu di Humas Pemerintah Kabupaten Tuban  ini berharap  semoga ke depan pelaksanaan penilaian Gugusdepan unggul lebih tertata dan bisa memberikan umpan balik kepada Kwartir Cabang untuk melakukan pembinaan daam bidang administrasi dan kegiatan khususnya di Gugusdepan.


Akhirnya kita berharap ke depan penilaian GUgusdepan Unggul ini bisa memacu Gudep yang lain untuk semakin meningkatkan kegiatan kepramukaan di Gugusdepan dengan diimbangi pengelolaan administrasi yang lebih baik. (k'Bex)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar